You Are Reading

0

Pengertian Singkat Karya Ilmiah.

Kaconk'z Kamis, 28 Oktober 2010



Karya Ilmiah adalah karya tulis yang disusun oleh seorang penulis berdasarkan hasil-hasil penelitian ilmiah yang telah dilakukannya. Dari definisi yang lain dikatakan bahwa karya ilmiah (scientific paper) adalah laporan tertulis dan dipublikasi yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat

Syarat Karya Ilmiah
1.      Penulisannya berdasarkan hasil penelitian
2.      Pembahasan masalahnya objektif sesuai dengan fakta
3.      Karangan mengandung masalah yang  sedang dicarikan pemecahannya
4.      Baik dalam penyajian maupun dalam  pemecahan masalah digunakan metode  tertentu
5.      Bahasanya harus lengkap, terperinci, teratur  dan cermat
6.      Bahasa yang digunakan hendaklah benar,  jelas, ringkas, dan tepat sehingga tidak  terbuka kemungkinan bagi pembaca untuk salah tafsir.

Keterampilan dan Pengetahuan Penulis
1.      Memahami Masalah yang diteliti & dibahasnya
2.      Memahami Metode Penelitian
3.      Mengerti Teknik Penulisan Karangan Ilmiah
4.      Mengerti penguasaan bahasa yang baik

·         Penulisan KARYA ILMIAH mengacu kepada
·         Pedoman umum Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan (EYD)
·         Pedoman umum pembentukan istilah (PUPI).

Halaman Judul :
Sebuah judul pada dasarnya meng-gambarkan kelengkapan menganalisis, jangkauan wilayah, domain penelitian,  waktu dan metode yang dipakai serta kesimpulan yang didapat.
Syarat judul karangan :
(1)    Tepat artinya segala isi yang terkandung di dalam karangan itu dapat terlihat dari judul tersebut.
(2)    Ekonomis maksudnya judul sebaiknya sependek mungkin tanpa mengu-rangi arti atau isi atau luas lingkungan yang tercakup di dalam karangan.
(3)    Langsung maksudnya judul karangan tidak perlu berbelit-belit dan dibuat-buat supaya tampak ilmiah.
(4)    Jelas maksudnya  bahasa, kalimat dan kata-kata yang dipergunakan di dalam judul karangan hendaknya bahasa, kalimat dan kata-kata yang dapat dimengerti dan dapat dihindari kalimat-kalimat atau kata-kata yang kabur atau ambivalen. Istilah-istilah yang terdapat di dalam judul itu haruslah tepat dan dapat dipertanggungjawabkan oleh pengarang.
(5)    Sederhana
(6)    Baru
(7)    Logis artinya judul karangan itu benar dari segi ilmiah, dan beralasan menurut logika.

Judul dalam
Halaman pengesahan
Kata Pengantar :
Berisi tentang ucapan puji syukur, rasa terimakasih penulis kepada siapapun yang terlibat atau yang membantu dalam penulisan karya ilmiah penulis tersebut.
Daftar Isi :
Maksud penyusunan daftar isi terutama untuk memudahkan pembaca (dan pengarang) untuk mengetahui klasifikasi dan keseluruhan isi karangan.
Daftar Tabel, Bagan, Foto, Gambar :
Maksud utama penyusunan statistik adalah untuk memudah-kan pandangan sehingga sekaligus dapat menggambarkan ke-seluruhan peristiwa. Di samping itu untuk memudahkan inter-pretasi dan analisa.akat keilmuan.
Persiapan Menulis: Pertanyaan Umum
 Skripsi, tesis, disertasi atau karya ilmiah penelitian lainnya merupakan tulisan yang berbeda dengan karya sastra. Metafora, personifikasi dapat kita lakukan pada karya sastra, tetapi karya ilmiah diikat dengan diksi profesi dan peraturan ilmiah itu sendiri. Sedikit sekali orang yang dapat merasa enjoy dalam penulisan skripsi yang berbau ilmiah, sudah menulis saja dianggap membosankan apalagi memahami diksi keilmiahan tuntutan profesi.
Menindaklanjuti dari Persiapan Menulis (1) yang sudah saja jelaskan sebelumnya. Berikut ini saya tambahkan beberapa pertanyaan biasa dipakai dalam mempersiapkan diri sebelum proses menulis. Dengan membangkitkan emosi diri sendiri sebelum proses menulis akan banyak membantu merangsang ide-ide pada waktu menulis. Kalau diibaratkan dalam dunia olah raga, anggap saja sebagai pemanasan. Biar tidak mudah terkena penyakit seperti capek, pegal-pegal, atau ngos-ngosan. Paling penting menurut saya pribadi adalah proses menulis skripsi atau tesis Anda akan terasa enjoy dan menyenangkan.
Berbeda sekali dengan seseorang dengan tiba-tiba dipaksa untuk menulis, maka dia akan merasa tersiksa karena tidak ada persiapan, dan begitu proses menulis selesai dia akan merasa terbebas dari hukuman tersebut dan tidak mau mengulangi.
Pertanyaan-pertanyaan Persiapan Menulis
Pertanyaan berikut ini bisa dipakai sebagai pemanasan diri Anda sebelum berangkat menulis, dengan harapan dapat membantu Anda menikmati rasa enjoy dalam menulis.

Eksplorasi Permasalahan, Bukan Tema
·        Siapa pembaca tulisan?
·        Apa tujuan penulisan?
·        Siapa penulis? (Anda ingin digambarkan seperti apa oleh pembaca)

 Membuat Tujuan Kerja (Rencana Kejra)
·        Bagaimanakah agar Anda mencapai tujuan?
·        dapatkah anda membuat sebuah rencana?

 Memunculkan Beberapa Ide
·        Tetap terus menulis
·        Jangan menyensor atau mengevaluasi sendiri
·        Tetap merujuk ke permasalahan / bukan tema

 Berbicara dengan Pembaca
·        Pertanyaan apa yang akan mereka lontarkan?
·        Berapa jenis pembaca? (mungkin Anda sudah punya gambaran)

Semoga dengan sedikit tips ini dapat membantu kelancaran semuanya dalam mempersiapkan menghadapi penulisan skripsi, tesis, disertasi atau karya ilmiah penelitian lainnya.



Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 AMPUH BLOG